RAHASIA SPERMA SEHAT DAN SUBUR

Menurut Institut Kesehatan Nasional Amerika, 15% pasangan mengalami kesulitan untuk punya anak dan sepertiganya bersumber dari masalah pada sperma. Ashok Agarwal, PhD, Kepala Depertemen Kesehatan Reproduksi di Cleveland Clinic menjelaskan, perubahan gaya hidup bisa meningkatkan peluang laki-laki untuk memiliki anak. Berikut ini empat tips dari Dr. Agarwal agar sperma jauh lebih sehat.

1. Konsumsi makanan kaya antioksidan. Studi yang dipublikasikan di Jurnal Fertility and Sterility menemukan, lelaki yang rutin makan buah dan sayur kaya antoksidan memiliki sperma yang sehat daripada mereka yang mengonsumsi daging dan olahan susu berlemak.

2. Rajin berolahraga. Dalam satu kali ejakulasi, lelaki mengeluarkan 15—150 juta sperma. Untuk memaksimalkan jumlah sperma yang keluar, Dr. Agarwal menyarankan Papa lebih banyak berolahraga, tetapi jangan terlalu ekstrem. Ilmuwan di Harvard menemukan, lelaki yang lebih rajin berolahraga memiliki 33% lebih tinggi dalam jumlah sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi dibandingkan mereka yang kurang berolahraga. Hal ini disebabkan, olahraga membantu pembakaran lemak dan meningkatkan hormon testosteron.

Baca Juga : Tes Toefl Jakarta

3. Kurangi penggunaan ponsel. Siapa sangka, penggunaan smartphone yang berlebihan bisa berakibat menurunkan kecepatan sperma. Studi di Cleveland Clinic menyebut, lelaki yang menggunakan smartphone terlalu lama akan menurunkan keaktifan dan kecepatan sperma. Hal ini disebabkan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh smartphone

4. Hindari penggunaan pelumas buatan. Pelumas memang cocok dipakai untuk mempermudah proses ejakulasi, tetapi hal ini juga berdampak buruk pada sperma. Sebuah penelitian di Australia menyebutkan, beberapa merek pelumas bisa mengurangi kesempatan sperma membuahi sel telur sebanyak 72%. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih pelumas mengingat kandungan kimianya bisa meracuni sperma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *