Agar Tak Kesepian di Era Digital Bagian 2

JALIN KOMUNIKASI

Hasil riset Crowdtap juga mengungkapkan bahwa 20% para orangtua milenial memiliki masalah dalam interaksi sosial mereka. Permasalahan yang kerap terjadi ini sedikit banyak dapat merenggangkan ikatan keluarga, terutama antara orangtua dan anak. Di era kecanggihan teknologi, komunikasi tatap muka sepertinya sudah menjadi nomor dua. Kebanyakan individu cenderung menggunakan sarana teknologi dalam berkomunikasi. Padahal dengan komunikasi dua arah atau tatap muka, selain menciptakan bonding, kita juga akan lebih bisa menggali apa yang ingin diketahui anak, apa yang ingin diceritakan, atau masalah apa yang dihadapinya.

“Penting bagi orangtua generasi milenial bahwa di dunia nyata kemampuan berkomunikasi tetap diperlukan. Dengan demikian mereka tidak hanya fokus pada kehidupan di dunia maya saja. Kitalah yang harus memulai komunikasi, terutama dengan anak, di dunia nyata. Bila hal ini seimbang, akan berimbas positif juga pada anak,” tandas Gisella. Komunikasi yang intens (tentu di dunia nyata), memungkinkan orangtua menanamkan nilai­nilai positif pada anak. Ya, di zaman apa pun kita berada, dalam hidup bermasyarakat kita harus selalu dibekali oleh nilai­nilai.

Adalah menjadi tugas orangtua untuk menjelaskan mana yang boleh dan tidak, mana yang positif dan negatif dari setiap akses teknologi yang digunakan anak. Meski terdengar klise nilainilai agama, etika, serta akhlak yang baik tetap menjadi benteng bagi pengaruh negatif yang muncul di setiap zaman. “Kelak, tanpa didampingi pun dengan nilai­nilai yang kuat, anak akan bertanggung jawab terhadap dirinya. Otomatis ada kontrol dari dalam diri yang menentukan apakah ia memilih yang baik atau buruk, yang positif atau negatif,” urai Gisella. Akhir kata, kita orangtua harus berani mengambil peran dalam membentuk karakter positif anak generasi Alfa. Tentu kita semua berharap mereka akan menjadi generasi penerus yang membawa perubahan dan kemajuan bagi bangsanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *